Eurofighter Typhoon, Transfer Teknologi dan Bayang-bayang Embargo


Eurofighter Typhoon adalah pesawat tempur multirole dengan sayap delta, memakai mesin ganda yang dibangun oleh gabungan perusahaan senjata terkemuka di Eropa. BAE systems Inggris, CASA spanyol, Alenia Aeronautika Italia dan EADS Deutschland Jerman.

Spesifikasi Teknis :
Harga.            : Rp 1.26 Triliun
Panjang.         : 15.96 m
Lebar sayap  : 10.95 m
Tinggi.            : 5.28 m
Berat kosong : 11.150 kg
Mesin.             : 2 × Eurojet EJ200 afterburning turbofan
Daya Jelajah. : 2.900 km
Kecepatan maksimum : Mach 2

Dalam banyak latihan tempur udara bersama, Typhoon mempunyai prestasi yang cukup baik, kelincahan Typhoon diharapkan mampu dipakai untuk menghadapi semua pesawat tempur lawan. Dalam simulasi tempur udara dengan Singapura, Typhoon mampu mengalahkan F-16 dan F-15 Singapura.

Pada latihan Indra-Dhanush tahun 2007, disebutkan bahwa Angkatan udara India memakai Sukhoi 30MKI untuk menghadapi Angkatan udara Inggris yang memakai Typhoon. Hasilnya adalah pilot SU-30MKI mengakui bahwa pesawat tempur Typhoon adalah pesawat tempur yang lincah. Walaupun terkesan dengan kelincahan Jet Typhoon, India tidak memilih Typhoon sebagai pesawat tempur Medium Multi-Role Combat Aircraft (MMRCA). India memilih Dasault Rafale sebagai penyedia 126 jet MMRCA. Baca Juga: Malaysia Berulah Lagi, Wilayah Natuna di Masukkan ke dalam peta mereka...

Konsorsium Eropa berharap Typhoon mampu menjadi kekuatan inti pertahanan udara Eropa, oleh karena itu, selain lincah, Typhoon juga dibuat dari material semi stealth, memiliki kemampuan STOL dan BVR.

Dalam pengembangan Typhoon, diberitakan banyak sekali pertentangan di antara anggota konsorsium, yang meliputi pemilihan radar, pembagian pekerjaan, spesifikasi pesawat, dan partisipasi tiap negara dalam produksi.


Walaupun didominasi oleh negara-negara pembuatnya, penjualan Typhoon bisa dibilang cukup sukses, ini bisa dilihat populasi Typhoon yang cukup banyak dimiliki oleh beberapa negara, misalnya : Inggris 232 unit, Jerman 180 unit, Italia 121 unit, Spanyol 87 unit, Austria 18 unit. Operator di luar eropa, di beritakan bahwa Arab Saudi membeli 72 unit Typhoon dengan nilai pembelian US$ 8 Miliar atau Rp 104 triliun selain itu disebutkan bahwa Oman juga telah memesan 12 unit. Baca Juga; Indonesia sedang mengembangkan pelindung wilayah udara dengan arsenal nuklir terkini...

Riwayat Tempur
Eurofighter Typhoon terlibat dalam operasi militer NATO di Libya dan dipakai oleh Arab Saudi untuk menyerang pemberontak Houti Yaman. Di Libya, Typhoon menghadapi negara yang terletak di benua Afrika yang kondisinya terpecah dan di keroyok oleh 5 negara besar sedangkan di Yaman, Typhoon menghadapi sekelompok pemberontak bersenjatakan AK-47 dan RPG. Dalam dua operasi militer tersebut, walaupun sukses, Typhoon belum menemukan lawan yang seimbang. Baca Juga; Perbandingan kekuatan militer indonesia versus malaysia di perbatasan ambalat...

Eurofighter Typhoon dan Tender Pengganti F-5 Tiger


Pemerintah Indonesia mengumumkan tender pengantian F-5 Tiger yang di ikuti oleh beberapa produsen pesawat tempur, salah satunya adalah Eurofighter Typhoon. Untuk memenangkan tender tersebut, Eurofighter melalui CASA & Airbus Industrie menjanjikan bahwa jika Indonesia memilih Typhoon, Indonesia akan menjadi salah satu basis perakitan Typhoon di luar Eropa, akan ada transfer teknologi, kerjasama dengan PT. DI untuk memperoduksi tanki bahan bakar tambahan (conformal tank) dan sayap canard yang berbahan titanium. Baca Juga; Mahasiswi cantik ini jual diri di media sosial...

Tawaran dari CASA & Airbus Industrie sunguh sangat menarik karena tawaran semacam itu sangat jarang diberikan, entah dengan alasan apa, tiba-tiba saja banyak produsen senjata eropa berjanji bersedia berbagi teknologi jika Indonesia membeli produk mereka. Perlu diketahui bahwa Typhoon adalah produksi bersama konsorsium beberapa perusahaan Eropa dan CASA & Airbus Industrie hanya memegang 14 %, bandingkan dengan BAE systems Inggris 37 %, Alenia Aeronautika Italia 20 % dan EADS Deutschland Jerman 29 %.

Apa yang akan terjadi jika CASA bersedia berbagi sedangkan yang lainnya tidak bersedia ?
Jerman pernah membatalkan pesanan Typhoon dikarenakan ada masalah teknis yang menyebabkan lambung pesawat menjadi tidak stabil, memperpendek jam terbang pesawat dan mungkin membahayakan pilot. Untuk mengurangi dampak masalah tersebut, Angkatan udara Jerman dan Inggris menurunkan jam terbang Typhoon dari 3.000 jam menjadi 1.500 jam per tahun.

Potensi Embargo
Pada Tahun 1999, pasca referendum Timor Timur, Inggris mengirim 2 kapal perang canggihnya untuk membantu Australia guna menghadapi kemungkinan pecah perang melawan militer Indonesia. Selain itu, Inggris juga membantu Australia dengan mengirim pasukan SAS, Gurkha, SBS di luar struktur INTERFET.

Pada Tahun 2004, Inggris melarang Indonesia memakai produk militer buatan Inggris dalam OPERASI TERPADU di Aceh. Inggris melarang pesawat tempur Hawk dan Tank Scorpion dipakai oleh TNI dalam operasi tersebut. Padahal Hawk dan Scorpion itu sudah lama dibeli dan dimiliki oleh Indonesia. Senjata milik Indonesia, sudah lama dibeli tapi dilarang dipakai oleh negara pembuatnya. Aneh ???


Jika melihat potensi konflik dimasa depan, Indonesia masih sangat berpeluang diembargo oleh negara lain. Persoalan perbatasan dengan Malaysia dan Timor Leste yang masih belum selesai, Persoalan Papua, perebutan kekayaan alam Indonesia oleh perusahaan internasional, pembatasan pasar bebas, ilegal fishing dan hukuman mati bagi pengedar Narkotika.

Potensi Indonesia terlibat konflik perbatasan dengan Malaysia dan Australia sangat besar, sebagai sesama negara commonwealth, sudah pasti Inggris akan membantu Malaysia dan Australia. Embargo di depan mata.

Inggris memegang peran dominan dalam kepemilikan teknologi Eurofighter Typhoon, bahkan semua pesanan Arab Saudi dan Oman, semua dirakit di Inggris.

TNI AU saat ini mempunyai F-16 dan SU-27/30. Pesawat tempur F-16 Indonesia, kemampuannya jauh dibawah F-16 yang dimiliki negara tetangga. secara tidak langsung, saat ini hanya SU-27/30 lah yang menjadi Inti kekuatan udara TNI AU digaris depan.

Untuk pengganti F-5 Tiger, Jika TNI AU ingin kualitas jawabanya adalah SU-35 dan jika TNI AU ingin kuantitas, tentunya F-16 adalah pilihan paling rasional. SU-27/30 dan F-16 sudah lama dipakai oleh TNI AU, logistik yang efisien dan kecekatan operasional bisa tetap dijaga bila pilihannya di persempit diantara 2 pesawat itu.

Hanya saja perlu diketahui bahwa setelah SU-27/30 diikutsertakan di pitch black 2012, kawasan udara Indonesia terjadi semacam pergeseran superioritas udara. SU-27/30 Indonesia benar-benar membuat banyak negara tetangga mengevalusi kembali kekuatan udara mereka. Bahkan untuk tetap menjaga superioritas udara di kawasan bumi selatan, Australia dan Singapura akhirnya membeli F-35. Australia memutuskan untuk membeli 72 – 100 unit F-35A dan Singapura sedikitnya 16 Unit F-35B. (Opini Mbah Moel)
_________________________________________________
Info: Kepada seluruh penggemar dunia militer yang ingin mengambil atau copas koleksi foto ini, harap menyertakan linknya ya? Jika tidak disertakan link blog ini, kami akan melaporkan postingan copas tersebut ke google sebagai bentuk pelanggaran dan postingan illegal. Blog yang banyak melanggar dan berisi konten illegal/plagiat akan dihapus dari google. Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih!!!
____________________________________________
http://militaryanalysisonline.blogspot.com/p/tips-pasang-iklan-di-blog-portal.html
=> KLIK DISINI UNTUK INFO SELANJUTNYA <=

made at loogix.com
PEMESANAN TIKET PESAWAT, KERETA API, PULSA DAN LAIN-LAIN
HUBUNGI KAMI KE 085776198625

visit www.loogix.com
DVD ANAK SHOLEH SERI TUPI DAN PINGPING HARGA RP. 85.000-,
ORDER SILAHKAN HUBUNGI 085776198615
visit www.loogix.com
DVD HARUN YAHYA SEDANG PROMO NIH, DARI HARGA RP. 150.000-, 
JADI RP. 100.000-, ORDER HUBUNGI 085776198625
http://www.loogix.com/
DVD ANAK BERMAIN SAMBIL BELAJAR BERSAMA MIMI ADA 4 CD
PLUS DAPAT 2 BONEKA JARI, PANDUAN DONGENG DAN KARTU CERDAS
DAPATKAN SEMUANYA DENGAN HARGA RP. 95.000
ORDER HUBUNGI 085776198625
made at loogix.com
Madu Diet Buat Kalian Yang Mau Melangsingkan Badan
Pengalaman: Dengan Meminum Madu Diet Bisa Menurunkan 4-5 Kg/bulan
Tanpa Efek Samping. Pemesanan Hubungi 0857 7619 8625
Harga : Rp. 50.000/botol

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon