Militer Indonesia Gagal Saingi Israel dan Merosot ke Peringkat 19 Dunia

Rencana TNI Angkatan Udara membeli jet tempur Sukhoi Su-35 menjadi perbincangan dunia. Namun, belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) Tanah Air rupanya kalah agresif dibanding beberapa negara lain.

Situs Global Fire Power awal Februari 2015 melansir daftar termutakhir indeks kekuatan militer global. Indonesia kini melorot ke posisi 19 dunia, setelah sebelumnya sempat mencapai ranking 15 pada survei 2013. Padahal posisi Indonesia dua tahun lalu persis di bawah kekuatan tempur Israel.

Militer Indonesia Merosot dari peringkat 15 menjadi peringkat 19 Dunia...

Dalam rilis terbaru, disebutkan bahwa kekuatan militer Indonesia diarahkan terutama untuk menangkal terorisme di dalam dan luar negeri. Indonesia disalip Jepang, Taiwan, Kanada, dan Polandia. Kendati anjlok TNI tetap memiliki kekuatan terbesar di kawasan, terutama bila dibandingkan tetangga dari Asia Tenggara. Kekuatan Indonesia pun masih setingkat di atas Australia.

Merujuk keterangan Power Index versi situs Global Fire Power, penurunan ini lebih disebabkan karena belanja pertahanan yang kalah agresif dibanding beberapa negara lainnya. Jepang termasuk kategori yang mengejutkan. Pada survei 2013, Negeri Matahari Terbit berada di urutan ke-17. Tapi dalam analisis terbaru, belanja militer Jepang begitu drastis demi mengimbangi China dan Korea Utara. Anggaran modernisasi alutsista Jepang tahun lalu mencapai 5,5 triliun Yen (setara Rp 673 triliun).

Jepang tak ragu membeli alutsista asing, di antaranya drone, 20 pesawat pengintai, F-35 dengan kemampuan siluman, dan sebuah kapal selam. Alhasil, kini negara yang secara konstitusi tidak boleh berperang - kecuali membela diri - itu menyodok ke posisi 10. Di sisi lain, cadangan energi juga berpengaruh terhadap merosotnya indeks kekuatan militer RI. "Secanggih apapun teknologi tempur, minyak tetap paling vital mendukung kekuatan sebuah negara," tulis editorial Global Fire Power.
___________________________________________
Info: Kepada seluruh penggemar dunia militer yang ingin mengambil atau copas koleksi foto ini, harap menyertakan linknya ya? Jika tidak disertakan link blog ini, kami akan melaporkan postingan copas tersebut ke google sebagai bentuk pelanggaran dan postingan illegal. Blog yang banyak melanggar dan berisi konten illegal/plagiat akan dihapus dari google. Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih!!! 
Temukan kami di Twitter untuk mengupdate berita setiap harinya, Follow Portal Militer On Twitter
____________________________________________
http://militaryanalysisonline.blogspot.com/p/tips-pasang-iklan-di-blog-portal.html
=> KLIK DISINI UNTUK INFO SELANJUTNYA <=
visit www.loogix.com
DVD ANAK SHOLEH SERI TUPI DAN PINGPING HARGA RP. 85.000-,
ORDER SILAHKAN HUBUNGI 085776198615
visit www.loogix.com
DVD HARUN YAHYA SEDANG PROMO NIH, DARI HARGA RP. 150.000-, 
JADI RP. 100.000-, ORDER HUBUNGI 085776198625

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon