Mirage III, The French MiG Killer


Mirage III lahir berdasarkan studi Armee del Air yang membutuhkan pesawat tempur yang mampu menanjak sampai ketinggian 18km dengan kecepatan Mach 1,3. Dassault dengan antusias menyambutnya dengan proto Mystere Delta 550 yang ditenagai mesin ganda Armstrong Siddeley MD30R Viper afterburning turbojets, each with 9.61 kN (980 kgp / 2,160 lbf) thrust .

Sayap delta memiliki kelemahan, yaitu membutuhkan landasan yg panjang untuk lepas landas, flaps yang tidak praktis serta membatasi manuverbilitas pesawat (kelak hal ini dimentahkan oleh pilot-pilot Israel di perang 6 hari dan Yom Kippur), plus pesawat akan mengalami hentakan saat terbang dalam kecepatan rendah karena besarnya wing area. Namun sepertiya desainer Prancis juga mengamini yang diyakini desainer MiG-21, yaitu pesawat menjadi bandel dan mudah diproduksi, dan yang terpenting ada tambahan kapasitas bahan bakar di sayap, yang berarti menambah lamanya jam terbang.

Prototype Mystere delta terbang pertama kali di tahun 1955 dengan sayap ekor yang besar dan tidak dilengkapi dengan motor roket , setelah diredesin dan dilengkapi tambahan motor roket, pesawat dapat melaju di kecepatan mach 1.6.. Proto ini dinamakan Mirage I 

Setelah melalui usaha coba2 di Mirage II yang dilengkapi dua mesin turbomeca yang merupapkan deriuvativ mesin BMW, kemudian dikembangkanlah Mirage III, yang dianggap memenuhi syarat. Mirage III bisa melaju mach 1.57 di tahun 1956 dan setahun kemudian bisa melaju di kecepatan Mach 1.8. Mirage III dilengkapi dengan roket pendorong SEPR, yang bisa mendongkrak kecepatan menanjaknya (kita bisa melihat kinerja roket ini dalam kisah tanguy & Laverdure Misi Ke India, sekalipun India TAK pernah membeli Mirage III)

Berdasarkan Mirage III dikembangkanlah pre produksi yang dikenal dengan Mirage IIIA,. Mirage III A lebih panjang 2 meter, dilengkapi dengan radarCyrano Irbis, wing Area yang lebih besar 17%, dragchute untuk memperpendek landing,

Di tahun 1958 Mirage III A dapat melaju di kecepatan mach 2.2 sehingga menjadikannya sebagai pesawat Eropa pertama yang dapat melaju di kecepatan tersebut. DUa pesawat diproduksi dengan menggunakan mesin berbeda, satu dengan Rolls Royce Avon dan sebuah lagi dengan dengan Atar. Namun segera diketahui jika Atar jauh lebih digdaya dari Avon, sehingga kelak , SNECMA ATAR lah yg menjadi dapur pacu Mirage III dan seri berikutnya:


Mirage IIIC

Mirage III C adalah Mirage III yang memasuki seri produksi di tahun 1960, pesawat sudah dilengkapi dengan zero2 ejection seat martin baker, 2 kanon Defa 30mm dengan 150 peluru per kanon (PPK), dan 3 cantelan senjata dua di sayap dan satu di perut, namun kemudian buru2 ditambahkan dua cantelan lagi untuk mengakomodir rudal AIM-9 atau Matra Magic 550.Mirage III juga disa digunakan untuk serang darat dengan membawa pod roket atau 2 bom 250 kg yang dicantelkan di perutnya.Sekalipun dilengkapi dengan roekt SEPR, namun dalamprakteknya barang ajaib ini jarang dipasang dan digunakan di Mirage III
AU Prancis langsung memesan 95 unit danmulai memasuki dinas di Juli 1961, dan beroperasi hampir 3 dekade sampai tahun 1988 


Selain untuk keperluan Prancis Mirage III diekspor ke Swiss (III CS), Israel (IIICJ), dan Afsel (III CZ)

Milik Swiss dimodifikasi sedemikian rupa 
- New US avionics with
- Changed cockpit design with gray instead of black panels
- New U.S. radar, TARAN-18 from Hughes
- Use of HM-55S "Falcon" (Swiss designation of the from SAAB in Licence built Robot 27 (Rb27) which is similar to the Hughes AIM-26 "Falcon")
-Radar warning receiver (RWR) on both wingtips and on the back of the rudder
-Strengthened structure for use of JATO-Rockets
-Retractable nosecone and lengthened nosewheel leg for storing in Aircraft cavern
-Four lifting points for moving aircraft in underground caverns with a crane
-Bay at the fin with a SEPR rocket engine to double the velocity for short time or climb to 20,000 m (60,000 ft)
- US TRACOR AN/ALE-40 chaff/flare dispenser at the back under the end of the engine (fitted with the upgrade 1988)
- Canards designed and produced by RUAG Aerospace (fitted with the upgrade 1988)
- New Martin-Baker ejection-seat (fitted with the upgrade 1988)
Total ada 36 unit Mirage III S yang dibeli Swiss dan dilisensi dalam negeri


Mirage III yang dibeli Israel sebanyak 76 unit dan mereka sukses menggunakannya dalam pertempuran dari 1967-1973, top ace Mirage III dipegang oleh Giora Epstein, 17 kills (8 dengan III CJ, 9 dengan Nesher). Israel mengklaim 106 MiG Arab jatuh dengan tebusan 5 Mirage III dalam pertempuran udara. Namun studi di Acig menunjukkan ada sekitar 26 unit Mirage dirontokkan oleh MiG arab. Jika asumsi ACIG dimasukkan maka perbandingan kemenangan adalah 1:4 untuk Mirage III


Afrika Selatan menjadi negara keempat yang menjadi pelanggan Mirage III, sehingga dalam waktu singkat Mirage III menjadi pesawat 3 benua (Eropa ,Asia dan Afrika). Versi Afsel dberi nama varian CZ

MIRAGE III E


Mirage III Edikembangkan dari Mirage III C, dilengkapi dengan Thompson-CSF Cyrano II dual mode air / ground radar; a radar warning receiver (RWR) system with the antennas yang ditempatkan di siripekor. perbedaan lain dengan seri c adalah penempatan bay avionic di belakang pilot spanjang 30cm, sukar dilihat perbedaanya.

Mirage III E diproduksi sebayak 526 unit , selain itu dikembangkan varian IIIER untuk keperluan intai . Sebanyak 50 unit diproduksi untuk keperluan AU Prancis. varian ekspor IIIR untuk Afsel dan III RS untuk Swiss, Prancis kemudian mengupgrade 20 unit ER menjadi IIIRD


Pemakai III R terbesar di luar Prancis adalah adalah Ausrtralia yang melisensinya dengan nama IIIO. total 116 unit Mirage III inilah yang dibeli Australia, milik Australia dilengkapi dengan radar doppler GE Marconi. Mirage III Ausie terdiri dari 49 (OF) , 51 (OA) dan 16 trainer

kelak pasca 90an dan kedatangan armada Hornet,armada Mirage Ausie dijual ke Pakistan


SPEK
General characteristics

Crew: 1
Length: 15.03 m (49 ft 3½ in)
Wingspan: 8.22 m (26 ft 11⅝ in)
Height: 4.50 m (14 ft 9 in)
Wing area: 34.85 m² (375 ft²)
Empty weight: 7,050 kg (15,600 lb)
Loaded weight: 9,600 kg (21,164 lb)
Max. takeoff weight: 13,700 kg (30,203 lb)
Powerplant: 1 × SNECMA Atar 09C turbojet
Dry thrust: 41.97 kN (9,436 lbf)
Thrust with afterburner: 60.80 kN (13,668 lbf)

Performance

Maximum speed: Mach 2 (2,350 km/h, 1,268 knots, 1,460 mph) at 12,000 m (39,370 ft)
Combat radius: 1,200 km (647 nmi, 746 mi)
Ferry range: 3,335 km ()
Service ceiling: 17,000 m (55,775 ft)
Rate of climb: 46,600 ft/min ()

Armament

Guns: 2× 30 mm (1.18 in) DEFA 552 cannons with 125 rounds per gun
Rockets: 2× Matra JL-100 drop tank/rocket pack, each with 19× SNEB 68 mm rockets and 66 US gallons (250 liters) of fuel
Missiles: 2× AIM-9 Sidewinders OR Matra R550 Magics plus 1× Matra R530,
Bombs: 4,000 kg (8,800 lb) of payload on five external hardpoints, including a variety of bombs, reconnaissance pods or Drop tanks; French Air Force IIIEs through 1991, equipped for AN-52 nuclear bomb.

evolusi dari Mirage sekalian aja dari Mystere Delta 550? 


Persimpangan Mystere IV ke Mystere Delta 550 (ke Mirage family) dan Mystere XXII (ke Etendart Family) dan Mystere XX Falcon family

Dari Mystere Delta 550 aka Mirage I
 

Mirage IIIA,B,C,D,E, 

Mirage III S, EBR, NG (with canard) 

Mirage III T (turbofan)

Mirage III V (Balzac V), VTOL

Mirage IV Bomber

Mirage 5 Downgrade Mirage III for Ground Attack

Mirage F 1 fighter with conventional sweptback wing

Mirage F 2 larger version of Mirage F1

Mirage G variable swept wing fighter

Mirage 50 Multirole Mirage 3/5

Mirage 2000 Gen 4 Fighter

Mirage 4000 Dual Engine Mirage 2000

_________________________________________________
Info: Kepada seluruh penggemar dunia militer yang ingin mengambil atau copas koleksi foto ini, harap menyertakan linknya ya? Jika tidak disertakan link blog ini, kami akan melaporkan postingan copas tersebut ke google sebagai bentuk pelanggaran dan postingan illegal. Blog yang banyak melanggar dan berisi konten illegal/plagiat akan dihapus dari google. Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih!!!
____________________________________________
http://militaryanalysisonline.blogspot.com/p/tips-pasang-iklan-di-blog-portal.html
=> KLIK DISINI UNTUK INFO SELANJUTNYA <=
made at loogix.com
PEMESANAN TIKET PESAWAT, KERETA API, PULSA DAN LAIN-LAIN
HUBUNGI KAMI KE 085776198625
visit www.loogix.com
DVD ANAK SHOLEH SERI TUPI DAN PINGPING HARGA RP. 85.000-,
ORDER SILAHKAN HUBUNGI 085776198615
visit www.loogix.com
DVD HARUN YAHYA SEDANG PROMO NIH, DARI HARGA RP. 150.000-, 
JADI RP. 100.000-, ORDER HUBUNGI 085776198625
http://www.loogix.com/
DVD ANAK BERMAIN SAMBIL BELAJAR BERSAMA MIMI ADA 4 CD
PLUS DAPAT 2 BONEKA JARI, PANDUAN DONGENG DAN KARTU CERDAS
DAPATKAN SEMUANYA DENGAN HARGA RP. 95.000
ORDER HUBUNGI 085776198625

    1 komentar

    Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


    EmoticonEmoticon