Pentingnya Skadron Pesawat Tempur di Wilayah Papua?

Sukhoi Su-35BM, Opsi utama 
pesawat tempurselanjutnya yang akan 
bergabungdalam TNI AU...
Modernisasi yang dilakukan Tentara Nasional Indonesia terutama di tubuh TNI AU memang sangat menakjubkan. Setelah datang pesawat tempur F-16 dari amerika serikat sekarang saatnya kita menunggu opsi pengadaan pesawat tempur pengganti F-5 TNI AU yang sudah dipensiunkan. Namun kalau kita lihat kembali alutsista hasil modernisasi militer belakangan ini kebanyakan ditempatkan di bagian barat Indonesia. Sedangkan di timur Indonesia, khususnya disekitar wilayah Papua bisa dikatakan hanya diawasi oleh Radar tanpa adanya Skuadron pesawat tempur sebagai kekuatan pemukul. Padahal wilayah Papua relative sangat dekat dengan Australia dan Guam, Amerika Serikat yang memiliki kekuatan pesawat tempur yang besar yang menjadi ancaman untuk wilayah ini. Lalu apakah wilayah udara Indonesia disekitar Papua akan dibiarkan tanpa pesawat tempur pengawal?


Sejatinya diwilayah timur Indonesia, TNI AU sudah memiliki Skuadron 11 yang memiliki 16 unit pesawat tempur kelas berat jenis Su-27/30 yang bermarkas di Lanud Hassanuddin, Makassar. Namun lokasi skuadron 11 ini relative jauh dari wilayah udara Indonesia di Papua. Bahkan wilayah objek vital Indonesia di Biak, Marauke, Biak, Jayapura, dan lainnya relative lebih dekat dari Pangkalan Militer Australia di Darwin dibandingkan dari Skuadron 11 TNI AU. Itu artinya jika terjadi satu konflik (yang tentunya kita tidak harapkan), kekuatan Militer Australia memungkinkan untuk lebih dahulu bisa menghancurkan objek vital Indonesia di wilayah Papua, sebelum Skuadron 11 TNI AU mampu mencegahnya.

Apa pentingnya Skadron Pesawat Tempur di Wilayah Papua?
eperti sudah penulis bahas diatas, dapat kita bayangkan bahwa pembentukan skuadron pesawat tempur amat diperlukan di wilayah timur Indonesia. Hal ini karena wilayah tersebut yang relative berdekatan denganPangkalan Militer Australia di Darwin yang ditempati oleh Skuadron F/A-18 E/F Super Hornet. Selain itu, di Darwin juga ada pangkalan mariner Amerika Serikat yang sedikit banyak akan menjadi ancaman potensial bagi wilayah Timur Indonesia.

Selain dekat dengar Darwin – Australia, wilayah timur Indonesia terutama sekitar Papua juga relative dekat dengan pangkalan militer Amerika Serikat di Guam. Di pangkalan Militer Guam ini, terdapat pangkalan angkatan udara Amerika Serikat yaitu Andersen Airbase yang kabarnya dilengkapi dengan pesawat tempur, bomber, pesawat AEW&C dan lainnya. Selain itu, sering sekali adanya mobilisasi pesawat militer Amerika dari Guam menuju Darwin Australia yang melewati wilayah timur Indonesia, membuat potensi pelanggaran kedaulatan wilayah udara Indonesia di sini menjadi harus mendapat perhatian serius dari pemerintah Indonesia.

Untuk itu lah, sudah sepatutnya pemerintah Indonesia mulai serius untuk menjaga kedaulatan udara timur Indonesia dengan menampatkan skuadron pesawat tempur disana. Tentunya ini memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit, namun ini sangat penting untuk memastikan setiap jengkal kedaulatan Indonesia bisa terjaga dengan baik.

Beberapa waktu lalu, TNI AU juga merencanakan menambah dua Pangkalan Udara Baru di papua yaitu di Sorong dan Manokwari. Tim dari Mabes AU sedang beberapa waktu lalu melakukan survey untuk pembentukan pangkalan baru ini. Kehadiran Lanud baru ini tentunya akan sangat baik untuk menambah kekuatan TNI AU kedepan.

Bagian Timur Indonesia butuh Pesawat Tempur Canggih
Menurut analisa kami, indonesia bagian timur butuh pesawat tempur canggih guna membantu mengamankan fasilitas-fasilitas yang ada disana. Dan juga kemungkinan serangan yang terjadi akan lebih dahulu menghantam wilayah timur indonesia. 

Sudah semestinya wilayah-wilayah timur ini dijadikan sebagai benteng pertahanan utama dan diisi oleh pesawat-pesawat modern. Dan pastinya kita sama-sama berharap agar kedepannya pemerintah mampu membeli pesawat dengan teknologi yang canggih (generasi ke 5). 

Selain pesawat tempur modern, wilayah ujung timur dan barat juga harus dijaga dengan rudal-rudal anti-pesawat yang akan dapat menghadang serangan udara. Pemerintah boleh memikirkan opsi terbaik dalam pengadaan rudal seperti sistem pertahanan udara rusia S-400 dan yang paling mutakhir S-500. 

Semoga pemerintah indonesia tidak membiarkan sejengkal pun wilayah NKRI untuk direbut maupun dilanggar baik secara de jure ataupu de facto. Mulailah memikirkan opsi terbaik untuk mengamankan batas wilayah timur dan barat negeri ini agar tidak ada lagi negara lain yang berani menghina ataupun melanggar kedaulatan indonesia.
_________________________________________________
Info: Kepada seluruh penggemar dunia militer yang ingin mengambil atau copas koleksi foto ini, harap menyertakan linknya ya? Jika tidak disertakan link blog ini, kami akan melaporkan postingan copas tersebut ke google sebagai bentuk pelanggaran dan postingan illegal. Blog yang banyak melanggar dan berisi konten illegal/plagiat akan dihapus dari google. Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih!!!
____________________________________________
http://militaryanalysisonline.blogspot.com/p/tips-pasang-iklan-di-blog-portal.html
=> KLIK DISINI UNTUK INFO SELANJUTNYA <=
made at loogix.com
PEMESANAN TIKET PESAWAT, KERETA API, PULSA DAN LAIN-LAIN
HUBUNGI KAMI KE 085776198625
visit www.loogix.com
DVD ANAK SHOLEH SERI TUPI DAN PINGPING HARGA RP. 85.000-,
ORDER SILAHKAN HUBUNGI 085776198615
visit www.loogix.com
DVD HARUN YAHYA SEDANG PROMO NIH, DARI HARGA RP. 150.000-, 
JADI RP. 100.000-, ORDER HUBUNGI 085776198625
http://www.loogix.com/
DVD ANAK BERMAIN SAMBIL BELAJAR BERSAMA MIMI ADA 4 CD
PLUS DAPAT 2 BONEKA JARI, PANDUAN DONGENG DAN KARTU CERDAS
DAPATKAN SEMUANYA DENGAN HARGA RP. 95.000
ORDER HUBUNGI 085776198625

made at loogix.com
Madu Diet Buat Kalian Yang Mau Melangsingkan Badan
Pengalaman: Dengan Meminum Madu Diet Bisa Menurunkan 4-5 Kg/bulan Tanpa Efek Samping. Pemesanan Hubungi 0857 7619 8625
Harga : Rp. 50.000/botol

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon