Era Pesawat Siluman Telah Berakhir, Sekarang Era Apa ya?

Radar buatan Rusia ini dapat mendeteksi pesawat siluman jenis apapun...
Salah satu mesin perang AS juga Rusia yang sangat diandalkan saat ini adalah pesawat-pesawat tempur strategis maupun pembom siluman. Namun,  Ada beberapa pesawat mutakhir milik Amerika yang masuk kategori ini, yaitu pesawat F-117, F-22 raptor, JSF F-35, dan B-2 fortress. Secara umum cara kerja pesawat siluman untuk menghindari deteksi radar adalah dengan membuat design pesawat yang minus lekukan yang fungsinya adalah memperkecil sudut-sudut tajam yang bisa ditangkap oleh radar dan muncul pada RCS (radar cross section). Sehingga gelombang radar yang datang dari musuh akan di pantulkan so yang muncul pada monitor RCS musuh hanyalah dot-dot (titik-titik) yang sangat kecil yang bisa dianggap sebagai gerombolan burung atau material lain di angkasa dan bukanlah pesawat yang sedang menyelinap seperti yang kita dapat pada pesawat F117 dan stealth lain.

Pada pesawat F-15 Eagle (konvensional), dalam desainnya banyak memiliki lekukan-lekukan tajam pada body nya sehingga dapat di tangkap oleh radar dengan baik sehingga muncul dalam monitor RCS sebagai dot-dot pesawat tempur yang menyusup. Untuk mencapai ’stealth’ ada 3 metode yang saat ini dikenal :

1. Rekayasa bentuk (shape) seperti bentuk pada F117.
2. Rekayasa material (Radar Absorbant Material) seperti pada U2 (generasi awal).
3. Rekayasa plasma stealth, pada satelit sputnik Rusia, untuk versi pesawat belum ada.

Dengan ditemukannya penggunaan gelombang panjang VHF pada radar, maka teknologi-teknologi siluman yang ada pada pesawat2 tempur saat ini dapat dikatakan berakhir. Karena penggunaan gelombang VHF ini mampu mendeteksi pesawat “stealth”. Yaitu dengan panjang gelombang diatas 1 meter , seperti radar Nebo SVU, maka fitur “shaping” pada pesawat stealth (terutama fighter) tidak akan lagi mampu membelokkan pantulan RADAR ke arah yang dikehendaki, kecuali fitur stealth tersebut berukuran lebih panjang daripada panjang gelombang RADAR yang mendeteksinya, seperti pada B-2, pada panjang gelombang ini pula fenomena “Creeping Wave” yaitu gelombang Radio akan bergerak mengikuti kontur tubuh pesawat stealth dan akan menambah RADAR Cross Section sebesar 1-2 meter persegi , pada panjang gelombang tersebut tingkat efektivitas material penyerap RADAR akan menurun karena fenomena “Skin Depth” dimana gelombang RADAR akan menembus melalui material ini dan kemudian akan dipantulkan balik oleh material dibawahnya , seperti kerangka aluminium pesawat atau panel-panel logam yang lain yang bersifat konduktif , sehingga pesawat “stealth” tadi akan terlihat jelas pada layar RADAR berpanjang gelombang tinggi tersebut.

Rusia telah mengembangkan radar NEBO SV terbarunya, radar baru ini adalah untuk meningkatkan cross section yang diperoleh dengan Nebo SV, dan menghasilkan desain yang mampu mendeteksi dan melacak pesawat terbang dengan ketinggian rendah Pengembangan proyek ini dipimpin oleh Igor Krylov di NNIIRT. Dia diwawancarai oleh televisi Rusia pada tahun 2002, so he said: “Kita bisa melihat Stealth [F-117A] sejelas seperti pesawat lain” radar ini diintegrasikan dengan sistem rudal canggih S-300PMU2 dan pesawat F117 atau B52 hanyalah seperti bebek2 terbang yang siap disantap.

Radar nebo ini adalah radar mobile yang dipasang pada truk pengangkut khusus, sehingga lokasinya amat mobile dan berpindah-pindah sehingga sulit untuk dilacak dibandingkan radar permanen yang ditempatkan di satu wilayah tertentu. 

IRAN sebagai sekutu Rusia di teluk telah mengadopsi sistem ini, dipamerkan pada parade militer pertama kali pada 2010, dan pengembangan sistem Radar yang lebih canggih muncul pada parade militer 2012 yang membuat AS and Israel benar-benar terkejut dan tidak berharap hadirnya radar penangkal siluman ini di Iran

Kecanggihan radar NEBo diintegrasikan dengan Jammer Elektronik Iran terbukti berhasil menurunkan pesawat mata-mata canggih AS, RQ-170 dan Scan Eagle. Para pejabat AS berpendapat bagaimana pihak Iran mampu mengambil kontrol drone mereka. Para pejabat AS berpendapat bahwa mungkin Iran menemukannya tenggelam di laut, tetapi dari semua kasus kecelakaan menunjukkan bahwa untuk menemukan pesawat tak berawak di dasar laut lebih sulit daripada menemukan jarum dalam jerami. Sebagai contoh, ketika sebuah pesawat penumpang yang lebih besar dari drone jatuh di tengah Brasil, untuk mengambil Black Boxnya saja hampir dua tahun untuk menemukannya.

Dengan kata lain, menemukan pesawat tak berawak di kedalaman Teluk Persia hampir tidak mungkin, dan jika pun hal itu mungkin, biaya pencarian yang diperlukan sangatlah besar. Dengan demikian, para pejabat AS harus mengakui bahwa Angkatan Laut IRGC telah memburu drone mereka dengan rencana yang mapan dan terprogram

Peterson mengatakan, teknik elektronik yang digunakan oleh Iran untuk menangkap pesawat ini dikenal dengan istilah manipulasi, di mana pakar Iran menata ulang dan memasukkan kembali kode GPS ke dalam sistem drone conceives yang seolah-olah pesan tersebut berasal dari pangkalan utama.

Pertanyaanya: Kalau Drone stealth yang kecil saja bisa dilacak, bagaimana dengan pesawat-pesawat yang mempunyai ukuran lebih besar??

Agresi Amerika biasanya didahului dengan melumpuhkan fasilitas-fasilitas militer penting dengan mengandalkan pemboman masif oleh pesawat siluman dan Rudal jelajah Tomahawak. Dan mustahil dilaksanakan saat ini, karena disaat kapal2 induk pengankut pembom2 siluman tak berarti lagi, AS musti bersandar pada rudal jelajah mengerahkan Kapal2 perang yang mengangkut ribuan rudal tomahawk (berapa biayanya??), dan efeknya juga diragukan.

Israel juga mesti melewati angkasa Irak yang penuh bahaya, jarak bermil2 dari daratan Iran serta resiko Perang yang melebar di kawasan Lebanon, Irak dan kawasan teluk lain. Sehingga kedua musuh bebuyutan (AS, Israel dan Sekutu arabnya) VS Iran Rusia China hanya mampu menebar psywar, dari basis mereka.
_________________________________________________
Info: Kepada seluruh penggemar dunia militer yang ingin mengambil atau copas koleksi foto ini, harap menyertakan linknya ya? Jika tidak disertakan link blog ini, kami akan melaporkan postingan copas tersebut ke google sebagai bentuk pelanggaran dan postingan illegal. Blog yang banyak melanggar dan berisi konten illegal/plagiat akan dihapus dari google. Atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih!!!
____________________________________________

http://militaryanalysisonline.blogspot.com/p/tips-pasang-iklan-di-blog-portal.html
=> KLIK DISINI UNTUK INFO SELANJUTNYA <=

made at loogix.com
PEMESANAN TIKET PESAWAT, KERETA API, PULSA DAN LAIN-LAIN
HUBUNGI KAMI KE 085776198625

visit www.loogix.com
DVD ANAK SHOLEH SERI TUPI DAN PINGPING HARGA RP. 85.000-,
ORDER SILAHKAN HUBUNGI 085776198615

visit www.loogix.com
DVD HARUN YAHYA SEDANG PROMO NIH, DARI HARGA RP. 150.000-, 
JADI RP. 100.000-, ORDER HUBUNGI 085776198625

http://www.loogix.com/
DVD ANAK BERMAIN SAMBIL BELAJAR BERSAMA MIMI ADA 4 CD
PLUS DAPAT 2 BONEKA JARI, PANDUAN DONGENG DAN KARTU CERDAS
DAPATKAN SEMUANYA DENGAN HARGA RP. 95.000
ORDER HUBUNGI 085776198625

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon