Gara-gara Selfie, Keterlibatan Rusia di Konflik Ukraina Terungkap


Selama ini, Rusia membantah keterlibatan pasukan mereka dalam konflik bersenjata di Ukraina. Namun, sebuah foto selfie tentara Rusia di aplikasi Instagram mengatakan sebaliknya. 

Diberitakan 3News.co.nz, Sabtu 2 Agustus 2014, tentara Rusia bernama Alexander Sotkin (24 tahun) memang keranjingan foto diri sendiri alias selfie. Akun Instagram miliknya dipenuhi foto-foto di dalam kendaraan tempur, berseragam militer.

Foto-foto itu memang tidak membuktikan apa pun soal campur tangan Rusia di Ukraina. Masalanhnya, Sotki mencantumkan lokasi tempat foto itu diambil atau yang dikenal dengan "geotagged."

Bulan lalu, menurut geolokasi, foto-foto Sotki diambil di desa Voloshino, wilayah Rusia, tempat pasukannya bermarkas. Namun, dua foto tertanggal 5 dan 6 Juli menunjukkan lokasinya telah bergeser 10 kilometer, jauh masuk ke wilayah Ukraina.

Foto-foto ini pertama kali diunggah oleh situs Buzzfeed, jadi bukti bahwa tentara Rusia masuk ke Ukraina, kendati selalu dibantah Kremlin. Memang bisa saja geolokasi dipalsukan, tapi menurut ahli IT, hal itu butuh kemampuan coding yang mumpuni.

Sotkin bukan satu-satunya yang membongkar keterlibatan Rusia melalui media sosial. Sebelumnya, tentara Vadim Grigoriyev pada 23 Juli lalu mem-posting status di laman sosmed Rusia, Vkontakte, yang mengatakan mereka sedang menyerang Ukraina.

Grigoriyev membantahnya dan mengatakan bahwa akunnya telah diretas. Menanggapi hal ini, Kementerian Pertahanan Rusia menolak untuk berkomentar. (one)



Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon