Dukung Pengadaan Sukhoi Su-35BM Sebagai Pengganti F-5E/F Tiger II Skadron Udara 14

Saat ini, F-5 Tiger II Skadron Udara 14 pengadaan 1980 usianya sudah lebih dari 30 tahun. Tentu saja kesiapannya pasti menurun. Ditambah lagi dengan sparepart yang mungkin sudah mulai jarang. Pemerintah mempunyai rencana untuk melakukan peremajaan dan sedang mempertimbangkan beberapa opsi yang tersedia di pasaran dan sedang ditawarkan oleh produsen. 

Diantaranya adalah Sukhoi Su-35BM. Penempur asal Russia tersebut merupakan fighter state-of-the-art Russia. AU Russia sendiri mulai mempergunakannya sembari menunggu PAK-FA siap di operasikan. Kita harapkan, pesawat tempur Sukhoi Su-35BM ini dapat segera memperkuat TNI-AU dan menjadikan Skadron 14 ini sebagai skadron Heavy Fighter menemani Skadron Udara 11 yang mengoperasikan Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK2.

Jika keputusan pemilihan Sukhoi Su-35BM ini jadi diambil oleh pemerintah, maka TNI AU akan mempunyai 2 Skadron Udara Light Fighter dengan armada BAe Hawk 109/209 (Skadron Udara 1 dan 12), 2 Skadron Medium Fighter (Skadron Udara 3 dan 16) serta 2 Skadron Heavy Fighter (Skadron Udara 11 dan 14) diluar Skadron COIN (Skadron Udara 21) dan Skadron LIFT (Skadron Udara 15). Diversifikasi asal penempur seperti ini pastinya akan menambah daya tahan TNI-AU menghadapi momok bernama embargo. Seperti kita ketahui, bukan hanya Amerika dan Inggris/Uni Eropa, bahkan Russia pun bisa melakukan embargo, seperti yang baru baru ini dijatuhkan Russia kepada Korea Utara, Iran dan Libya yang dianggap sebagian besar orang adalah negara “sahabat” Russia.

Namun, bagaimanapun, Sukhoi -Su-35BM adalah pesawat tempur canggih yang kehadirannya kita perlukan untuk menjaga kedaulatan Republik ini. Terlebih ditengah kehadiran pesawat tempur canggih yang akan dimiliki oleh negara tetangga kita. Kita harapkan pula, dengan kehadiran Sukhoi Su-35BM ini, ada skadron udara yang digeser ke Indonesia Bagian Timur, karena kekosongan satuan pemukul di wilayah tersebut. Dan kita harapkan pula, pengadaan Sukhoi Su-35BM untuk TNI AU ini dilakukan sekaligus satu skadron dan full armament, tidak ngeteng seperti pengalaman pengadaan Sukhoi 27/30 Skadron Udara 11 yang membutuhkan waktu 10 tahun untuk melengkapi skadronnya.

PESAN TIKET PESAWAT, KERETA, HOTEL DAN PULSA

4 komentar

Swa Bhuana Paksa (Sayap Pelindung Tanah Airku) Sukhoi 35BM..

Kedatangan SU-35. Tinggal menunggu waktu kata Panglima MOELDOKO.

SU35, SU34 mutlak harus dimiliki !!!

ganti kepeminpinan ganti kebijakan , itu harapan rakyat , dari alutsista bekas ke barang baru berkuaitas sukhoi 35 tipe s .

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon