NKRI Sudah Terkepung 13 Pangkalan Militer Amerika Serikat

“Sama seperti saat Irak akan digempur melalui persiapan Operation of Enduring Freedom, dimana saat ini Indonesia sama juga “sudah terkurung” seperti Irak, oleh  pangkalan-pangkalan AS yang berada di Christmas Island, Cocos Island, Darwin, Guam, Philippina, Malaysia, Singapore, Vietnam hingga kepulauan Andaman dan Nicobar beserta sejumlah tempat lainnya.”~ Connie Rahakundini Bakrie, pengamat Pertahanan dan Militer dari Universitas Indonesia.



Rencana Amerika Serikat (AS) menggeser 60 persen kekuatan militernya ke kawasan Asia Pasifik hingga tahun 2020 mendatang, membawa implikasi besar bagi kawasan ini, termasuk Indonesia.

Tahun 2020 itu tidak lama. Dalam 6 tahun ke depan, Indonesia sudah terkurung oleh pangkalan-pangkalan militer AS. Apakah kita sudah sepakat sebagai bangsa untuk menyadari dan memahami persepsi ancaman yang sebenarnya sedang dihadapi?

Dengan kondisi ini, jelas sekali, tidak tersedia waktu banyak bagi elite Indonesia untuk segera mereposisi arah kebijakan luar negeri dan pertahanan Indonesia yang lebih tegas, strategis dalam menyikapi perubahan konstalasi politik di kawasan.

Persoalan pangkalan militer di ASEAN ini juga harus menjadi bahan perhatian serius anggota DPR Komisi I DPR dan jangan hanya memperhatikan soal jual beli senjata saja yang rawan fee makelar. Persoalan-persoalan strategis menjadi sangat penting dalam memahami perkembangan geopolitik di Asia Tenggara seiring memanasnya persaingan Amerika Serikat dan RRC dalam lomba kekuatan pengaruh di Asia Tenggara ini. [Anton DH]

Indonesia juga harus memperkuat TNI sebagai aktor pertahanan yang tugas utamanya adalah untuk melindungi segenap wilayah kedaulatan termasuk kekayaan dan kesejahteraan penduduknya.

Hal yang terpenting bukan semata persoalan mana Alutsista yang perlu diganti dan mana yang masih layak pakai. Lebih dari itu, dalam membangun TNI yang profesional dan berwibawa di mata internasional, diperlukan sebuah grand strategy and design atas postur TNI. Postur TNI yang ideal untuk menghadapi segala bentuk ancaman yang segera akan terbentang di kawasan ini dalam 6 tahun mendatang.

12 komentar

TNI akan menuju kearah kekuatan yang diinginkan....lu jangan takut dengan adanya pangkalan milite AS dimana2,bangsa indonesia punya jiwa militan ingat jaman Diponegoro,hanya dengan panah bambu runcing kita berani lawan belanda,apalagi sekarang,rawe2 rantas malang2 tuntas,makanya jangan beli alusista dari AS dari rusia saja pak,rakyat banyak yg setuju

Semoga TNI kita selalu siap dan mampu dan menghadapi segala ancaman dari Luar Negeri.

makanya bro jangan sampai kita sebagai anak bangsa jangan mau di pecah belah sama propaganda asing-aseng supaya ga tenggelam dalam keterpurukan sudah saatnya bangkit dan lawan siapapun dari negara manapun yg ingin menghancurkan NKRI agar jgn menderita karena kebodohan kita sendiri yg lengah tanpa waspada.

Sudah Waktunya Perubahan Mental dengan Wajib militer diberlakukan di Negeri ini. Tidak hanya cerdas setelah menempuh wajib belajar, jiwa bermental kuat dan bersemangat dalam membangun bangsa, jiwa memiliki persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, memiliki wawasan yang luas atas bangsa ini secara nyata, mengetahui dan mengenali prospek atas wilayahnya sendiri, tidak konsumtif di usia remaja, dan memiliki bekal modal dari berbagai segi utk melanjutkan kehidupan selanjutnya, tidak tergantung atas modal asing atau membanggakan asing. Tidak mau dikontrol oleh pihak asing, berdiri tegak atas bangsa dan Negerinya.

Kekuatan Militer sangat dipengaruhi kekuatan Ideologi, kuatnya Amerika dan China tak lepas dari ideologi yang mereka gunakan, Ideologi Kapitalisme dan Sosialisme, Spesial untuk Indonesia, segera berbenah diri, Ideologi yang kita terapkan belum cukup benar untuk melawan ideologi - ideologi besar, jika kita runut dari sejarah, malah Ideologi yang sekarang kita pakai adalah ideologi sempalan dari 2 Ideologi besar diatas, kita perlu merubah secara dasar pijakan kenegaraan kita ini, terapkan Islam sebagai dasar kenegaraan kita, dan insya'Alloh Islam akan membawa Indonesia menjadi negara super power yang melindungi tatanan kehidupan dunia dengan rahmat. aamiin

Kok TNI aja. Kalau diserang semua rakyat harus siap.

sanjata utamanya adalah la ila ha illallah...allah kuasa makhluk tak kuasa...

Bagus Dong!!.. Jadi Indonesia bisa ikut di jaga oleh amerika, apalagi dari ancaman teroris. thanks amerika.. semoga bisa segera membangun pangkalan di indonesia juga.. :)

Saya yakin Indonesia masih aman, dan TNI mampu menjaga NKRI dari serangan negara luar. Apalagi Indonesia memiliki tentara yg memiliki peringkat ketiga terbaik di dunia.

Saya tidak sependapat dgn anda bung soal amerika yg membangun pangkalannya di indonesia ini karna alasan untuk menjaga kedaulatan nkri, karna apa bila pihak asing yg menjadi kontrol dalam menjaga kedaulatan maka kita akan dimanfaatkan oleh pihak-asing tersebut. lagian anggota militer kita semua sudah teruji kok tinggal pemerintah saja yg mendukung penuh agar kelengkapan untuk menjaga kedaulatan nkri ini tidak jebol kalu dapat anak bangsa bisa membuat alat" kemiliteran yg lebih cangih dibandingkan negara" lain agar negara lain tidak mengetahui kelemahan"nya. Merdeka NKRI harga mati

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM


EmoticonEmoticon