Thursday, January 24, 2013

Tank Leopard: Alutsista terbaru TNI



Indonesia resmi menerima kedatangan dua unit tank dari jerman, masing masing satu unit tank jenis Main Battle Tank ( MBT ) Leopard dan satu unit Tank medium ( IFV ) Marder yang datang pada hari ini, minggu, 4 November 2012. Tank Leopard yang akan datang ini merupakan jenis Revolution atau yang disingkat Ri. Dan rencananya Tank ini akan dijadikan model untuk pameran Indodefense pada tanggal 8 November 2012.

Tank Leopard Revolution buatan pabrik Rheinmettal ini diproduksi khusus untuk Indonesia ( TNI AD ) dan kedatanganya akan terus berjalan secara bertahap sesuai dengan jumlah pesanan TNI. Harga Tank Leopard Revolution tersebut dibanderol US$ 1,7 juta per unit. Indonesia sendiri memesan 61 tank Leopard Revolution dan 42 unit Tank Leopard 2A4 seharga US$ 700 ribu per unit.

Sebelumnya, pembelian Leopard ini sempat menuai kecaman dari DPR. Tank berat ini dinilai tidak cocok dengan kondisi geografis Indonesia. Rencana pembelian Leopard ke Belanda pun gagal akibat penolakan parlemen setempat. Tim negosiasi pembelian alutsista ini kemudian mengalihkan pembelian ke Jerman sebagai produsen tank dengan bobot 63 ton ini.

sumber TEMPO

0 comments:

Post a Comment

Berita Militer Adalah Blog DOFOLLOW Yang dapat Memberikan Backlink Kepada Pengunjung Blog ini Hanya dengan Meninggalkan KOMENTAR Anda. Kami Harap Kerjasama Anda Untuk Tetap Menjaga Reputasi Blog ini dengan tidak Berkomentar yang Berisi SPAM